NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
Tips Mengantisipasi Sengatan Listrik Sebelum, Saat, dan Sesudah Banjir
30-Nov-22 by admin

Antisipasi Sengatan Listrik Ketika Banjir

 

Badai dan hujan yang lebat dapat menyebabkan banjir dan menimbulkan resiko sengatan listrik. Ini dikarenakan genangan air yang diakibatkan oleh banjir bisa merusak instalasi dan kabel listrik Anda. Bahkan setelah airnya surut sekalipun, endapan lumpur yang masih basah tetap dapat menghantarkan arus listrik dari kabel yang masih aktif. Itu sebabnya, berada di sekitar area yang rawan banjir bisa sangat berbahaya untuk Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

 

Nah, untuk menghindari sengatan listrik ketika banjir, ada beberapa tips pencegahan yang bisa Anda lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

 

Sebelum Banjir

  1. Jauh-jauh hari sebelum musim hujan tiba, pastikan Anda memasang perangkat pelindung kabel (cable support system) seperti kabel tray, kabel ladder, dan kabel duct. Tips ini sangat berguna, terutama jika Anda berada di tempat yang memiliki banyak kabel. Karena perangkat pelindung kabel biasanya dipasang di langit-langit ruangan, ini akan mencegah kabel dari kemungkinan terendam air banjir.
  2. Selain kabel, perangkat elektronik juga rentan mengalami kerusakan dan sangat mungkin untuk menyebabkan sengatan listrik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk pindahkan seluruh peralatan elektronik ke area yang kering, aman, dan terhindar dari genangan air.
  3. Matikan seluruh aliran listrik dari circuit breaker. Sebelum memutuskan sirkuit utama, Anda harus memutuskan seluruh aliran listrik pada setiap sirkuit terlebih dahulu satu-persatu, baru kemudian matikan sirkuit utama.

 

Saat Banjir

  1. Jangan menggunakan perangkat elektronik yang sudah basah atau terkena air.
  2. Jangan berada di dekat kabel yang terendam air banjir. Meskipun kabel tersebut sudah tidak dialiri listrik, namun berasumsi bahwa setiap kabel yang berada di sekitar Anda masih aktif adalah cara teraman untuk menghindari Anda dari bahaya tersengat listrik.
  3. Jangan berada di dalam bangunan atau ruangan yang terendam air banjir. Saat berada di tempat tertutup yang terdapat banyak kabel, kemungkinan Anda untuk tersengat listrik semakin tinggi.
  4. Pastikan Anda menjaga jarak setidaknya sekitar delapan meter dari sumber listrik dan objek lainnya yang terhubung dengan jaringan listrik. Ini dikarenakan listrik dapat mengalir melalui air, yang artinya Anda dapat mengalami cedera dari sengatan listrik, bahkan tanpa menyentuh sumber listrik secara langsung.
  5. Untuk berjaga-jaga, biasanya PLN akan memutuskan aliran listrik di area yang sedang terjadi banjir. Namun jika kebetulan Anda melihat ada aliran listrik yang belum dimatikan, jangan mencoba untuk mematikannya seorang diri. Sebaiknya Anda segera melaporkan ke PLN melalui contact center 123 atau hubungi kantor PLN terdekat.

 

Setelah Banjir

  1. Setelah banjir mereda, jangan langsung menyalakan seluruh perangkat elektronik atau menghidupkan aliran listrik sampai benar-benar kering atau dipastikan aman oleh otoritas yang berkepentingan.
  2. Jika memungkinkan, panggil teknisi listrik untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada perangkat elektronik dan aliran listrik di dalam bangunan. Melakukan langkah ini membantu Anda dan orang-orang di sekitar Anda agar tetap aman dan terhindar dari bahaya apa pun yang mungkin terjadi.

 

Air dan listrik bukanlah kombinasi yang bagus. Karenanya ketika terjadi banjir, pastikan Anda melakukan langkah-langkah pencegahan di atas guna menjaga Anda dan orang-orang di sekitar Anda agar terhindar dari bahaya sengatan listrik. Selain itu jika memungkinkan, sebaiknya Anda memasang perangkat pelindung kabel seperti kabel tray, kabel ladder, dan kabel duct supaya kabel Anda tetap aman selama terjadi banjir.

 

 

Email