NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
Penyebab Utama Korsleting Listrik dan Cara Untuk Mengatasinya
30-Dec-22 by admin

Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Mengatasinya

 

Korsleting listrik dapat terjadi ketika adanya sambungan resistensi rendah antara dua konduktor yang memasok daya listrik ke sirkuit. Situasi ini akan menghasilkan kelebihan aliran tegangan dan lonjakan arus listrik, sehingga akhirnya listrik akan mencari jalur terpendek dan menyebabkan korsleting. Itu sebabnya, korsleting listrik juga seringkali disebut sebagai arus pendek.

 

Jenis Korsleting Listrik


  • Korsleting listrik normal.

Ini adalah korsleting yang disebabkan karena kabel fase bersentuhan dengan kabel netral. Pada saat ini terjadi, resistensi akan menurun secara dramatis dan sejumlah aliran listrik yang sangat besar dapat mengalir melalui jalur yang tidak seharusnya.

  • Korsleting listrik arde.

Korsleting listrik arde dapat terjadi apabila kabel fase bersentuhan dengan sistem arde, baik itu berupa kabel arde telanjang atau bagian peralatan yang diarde.

 

Penyebab Korsleting Listrik


  • Isolasi kabel rusak.

Isolasi kabel yang sudah rusak dapat membuat kabel jadi lebih mudah panas, sehingga kabel fase akan lebih rentan untuk bersentuhan dengan kabel netral. Biasanya kerusakan isolasi kabel dapat disebabkan oleh kabel yang sudah tua, gigitan hewan pengerat, atau faktor lainnya.

  • Kabel yang longgar.

Kabel yang longgar dapat membuat kabel fase lebih mudah untuk bersentuhan dengan kabel netral. Karenanya sambungan kabel perlu dicek secara berkala untuk menghindari terjadinya hal ini.

  • Menggunakan alat elektronik yang rusak.

Saat Anda mencolokkan kabel dari perangkat elektronik yang rusak ke stop kontak, hal ini dapat membuat terjadinya korsleting pada jaringan listrik Anda. Karena itu, selalu ingatlah bahwa menggunakan peralatan elektronik yang rusak bisa sangat berbahaya.

  • Gigitan kabel oleh hewan pengerat.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hewan pengerat seperti tikus dan tupai seringkali mengunyah isolasi kabel sampai rusak. Begitu isolasi terkelupas dan kabel fase bersentuhan dengan kabel netral, hal ini dapat menyebabkan listrik menjadi korslet.

  • Kabel terkena air.

Air merupakan zat yang dapat menghantarkan arus listrik. Saat kabel Anda terkena air, arus listrik dapat mengalir melalui air dan menyebabkan korsleting, bahkan hingga kebakaran.

  • Stop kontak sudah usang.

Bukan hanya dari kabel saja, bahkan stop kontak yang sudah usang pun dapat menyebabkan terjadinya korsleting. Ganti stop kontak Anda sesegera mungkin jika sudah bergoyang, kendor, atau tidak berfungsi dengan baik.

  • Kelebihan beban.

Ketika sirkuit kelebihan beban, hal ini dapat membuat arus listrik menjadi tidak normal. Kelebihan beban biasanya bisa disebabkan karena Anda menggunakan terlalu banyak perangkat elektronik secara berbarengan, sehingga sistem listrik menjadi terbebani.

 

Cara Mengatasi Korsleting Listrik


  • Identifikasi kerusakan.

Karena korsleting biasanya disebabkan oleh kerusakan pada rangkaian sirkuit, maka pertama-tama Anda perlu mengidentifikasi lokasi kerusakan tersebut. Namun sebelum melakukan pemeriksaan, pastikan Anda memutuskan aliran listrik terlebih dahulu dengan menonaktifkan MCB.

  • Perbaiki bagian yang rusak.

Setelah Anda menemukan sumber masalahnya, langkah selanjutnya adalah memperbaikinya. Jika masalah bersumber dari kabel yang usang atau sudah rusak, maka Anda perlu mengganti kabel tersebut. Namun jika masalah bersumber dari stop kontak, maka perbaiki stop kontak Anda atau ganti dengan yang baru. Ingatlah, jika Anda tidak merasa yakin untuk melakukan ini sendirian karena tidak memiliki kemampuan yang memadai, Anda bisa memanggil bantuan teknisi listrik profesional.

  • Gunakan pelindung kabel.

Jika korsleting disebabkan oleh kabel yang rusak, Anda bisa menambahkan alat pelindung kabel seperti kabel duct atau raceway saat melakukan proses perbaikan. Melakukan hal ini dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya korsleting kembali di waktu mendatang.

  • Nyalakan listrik kembali.

Setelah perbaikan selesai dilakukan, Anda dapat mengaktifkan kembali MCB dan memulihkan aliran listrik ke properti Anda.

 

Itulah dia penyebab dan cara untuk mengatasi korsleting listrik. Ingatlah bahwa korsleting listrik dapat menimbulkan bahaya yang mengancam jiwa, seperti tersetrum, cedera fisik, kebakaran, bahkan hingga kematian. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu melakukan pengecekan berkala pada seluruh sistem kelistrikan Anda, minimal setiap satu tahun sekali, untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

Email