NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
Instalasi Listrik di Luar Dinding
27-Feb-23 by admin

Instalasi Listrik di Luar Dinding

 

Apakah Anda pernah melihat instalasi listrik di luar dinding? Jika pernah, apakah konsep ini menarik bagi Anda? Bagi beberapa orang, instalasi listrik di luar dinding ini menjadi daya tarik tersendiri yang kini banyak diterapkan di beberapa cafe dan rumah.

 

Instalasi listrik di luar dinding juga menunjukkan gaya industrial yang ingin ditekankan oleh pemilik rumah atau cafe. Akan tetapi, Anda tidak bisa memasang instalasi listrik ini begitu saja. Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

 

Cara Terbaik Memasang Instalasi Listrik di Luar Dinding

 

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda terapkan ketika ingin memasang instalasi listrik di luar dinding:

 

  • Matikan daya ke sirkuit yang akan Anda sambungkan. Gunakan penguji voltase nonkontak untuk memverifikasi bahwa Anda telah mematikan pemutus sirkuit yang benar pada panel servis. Kotak sambungan mungkin memiliki lebih dari satu sirkuit yang melewatinya sehingga Anda mungkin harus mematikan lebih dari satu pemutus sirkuit sebelum kotak dapat digunakan dengan aman. Lepaskan penutup kotak sambungan setelah semua daya dimatikan
  • Temukan dan tandai wall studs menggunakan stud detector Letakkan kabel Anda sehingga dapat terbentang di sepanjang permukaan tiang atau tegak lurus dengan tiang, sehingga nantinya staples kabel atau paku pengikat kabel dapat terpasang dengan aman.
  • Pasang konektor kabel di kotak sambungan yang akan Anda sambungkan. Pasang konektor kabel lain di kotak perangkat tempat kabel baru akan diakhiri. Setelah itu, potong kabel dengan ukuran cukup panjang, sehingga ujungnya memanjang kurang lebih 8 inci dari bagian depan setiap kotak. Amankan kabel di dalam kotak dengan mengencangkan sekrup penjepit pada konektor kabel.
  • Kencangkan kabel ke dinding menggunakan staples kabel atau pengikat kabel. Tempatkan staples atau strap dalam jarak 12 inci dari setiap kotak dan dengan jarak tidak lebih dari 4 1/2 kaki di antara kedua staples atau strap tersebut.
  • Lepaskan selubung luar dari ujung kabel menggunakan kabel ripper atau utility knife. Lepaskan isolasi 3/4 inci dari masing-masing kabel. Lalu, untuk membuat sambungan di kotak sambungan, pegang ujung kabel yang telah dilepas secara berdampingan dan kencangkan mur kawat.
  • Setelah itu, hubungkan kabel putih ke putih, hitam ke hitam dan kabel yang telanjang ke telanjang. Hubungkan kabel perlengkapan perangkat yang Anda pasang dengan cara yang sama. Pasang kembali penutup kotak sambungan dan hidupkan pemutus sirkuit atau pemutus arus.

 

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Instalasi Listrik di Luar Dinding

 

Salah satu keuntungan menggunakan instalasi listrik di luar dinding seperti kabel duct adalah mudah diperbaiki tentunya selain harga kabel duct yang terjangkau. Anda dapat dengan mudah menemukan masalah yang terjadi pada instalasi listrik. Hal ini tentunya berbeda dengan instalasi listrik tanam yang harus membongkar tembok terlebih dahulu. 

 

Memasang instalasi listrik di luar dinding juga lebih mudah dilakukan  dibandingkan dengan instalasi listrik tanam. Selain itu, memasang instalasi listrik di luar dinding tidak membutuhkan banyak alat dalam bekerja. Anda pun dapat mengurangi risiko kerusakan dinding saat memasang instalasi listrik.

 

Di sisi lain, terdapat beberapa kekurangan yang mungkin saja akan Anda alami ketika menggunakan instalasi listrik di luar dinding. Instalasi listrik yang pada awalnya mungkin akan menarik bagi Anda pada akhirnya dapat terlihat kurang menarik ketika diterapkan di rumah Anda. Selain itu, instalasi listrik yang dipasang di luar dinding membutuhkan pengawasan dan protokol keamanan listrik yang sangat baik. 

 

Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan instalasi listrik di luar dinding, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Hal ini juga berguna agar nantinya Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

 

 

 

Artikel Menarik Lainnya:
5 Macam Permasalahan Listrik yang Sering Terjadi di Rumah
5 Tips Menjaga Keamanan Listrik Rumah Sebelum Mudik
Tips Dalam Memilih Jenis Kabel Tray
5 Cara Tepat Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik
Mengenal Standar NEMA VE untuk Kabel Tray

Artikel Menarik Lainnya:

 

Email