NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
Mengenal Standar NEMA VE untuk Kabel Tray
16-Jun-23 by admin

Standar NEMA VE untuk Produk Kabel Tray

 

Kabel tray merupakan sistem pengelolaan kabel yang digunakan dalam berbagai jenis instalasi, mulai dari bangunan komersial hingga industri. Salah satu standar yang digunakan untuk kabel tray adalah standar NEMA VE. NEMA (National Electrical Manufacturers Association) adalah asosiasi perdagangan Amerika Serikat yang mengembangkan standar dan panduan untuk produk-produk listrik dan elektronik. Standar NEMA VE untuk kabel tray menjadi acuan dalam memilih dan menginstalasi kabel tray yang sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan.

 

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang NEMA VE

 

NEMA VE (Ventilated Cable Tray) adalah jenis kabel tray yang dirancang dengan ventilasi atau lubang-lubang pada permukaan tray. Ventilasi ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain mengurangi penumpukan panas yang dihasilkan oleh kabel, meningkatkan sirkulasi udara, dan mencegah kabel menjadi basah atau terkena kelembapan yang berlebihan.

 

Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai standar NEMA VE untuk kabel tray:

 

1. Material

 

Standar NEMA VE mengatur material yang digunakan untuk pembuatan kabel tray. Biasanya terbuat dari baja galvanis, stainless steel, atau aluminium. Bahan yang digunakan harus memiliki ketahanan terhadap korosi, kekuatan mekanik yang memadai, dan sesuai dengan lingkungan yang akan digunakan.

 

2. Desain dan Dimensi

 

NEMA VE menetapkan dimensi dan spesifikasi desain untuk kabel tray. Standar ini mencakup lebar, tinggi, panjang tray, serta ketebalan material. Desain kabel tray harus memungkinkan pemasangan dan pemeliharaan kabel dengan mudah.

 

3. Kapasitas Beban

 

Standar NEMA VE juga mengatur kapasitas beban yang dapat ditangani oleh kabel tray. Hal ini meliputi kapasitas beban berat (static load) dan kapasitas beban dinamis (dynamic load). Kapasitas beban harus sesuai dengan berat kabel yang akan dipasang di dalam tray.

 

4. Ventilasi

 

Salah satu fitur utama dari kabel tray NEMA VE adalah ventilasinya. Ventilasi yang baik membantu mencegah penumpukan panas yang berlebihan pada kabel dan mempertahankan suhu operasional yang aman. Lubang ventilasi harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak memengaruhi struktur tray secara keseluruhan.

 

Selain standar NEMA VE, terdapat pula standar tambahan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan kabel tray, seperti standar NEMA FG (Fiber Glass), NEMA PR (Powder Coating), dan NEMA 3R (Outdoor Use). Standar tambahan ini mengatur penggunaan kabel tray dalam situasi dan lingkungan khusus.

 

Pemilihan dan penggunaan kabel tray yang sesuai dengan standar NEMA VE sangat penting untuk memastikan keamanan dan keandalan instalasi kabel. Dengan mengikuti standar ini, Anda dapat memastikan bahwa kabel tray mampu menangani beban yang diberikan, meminimalisir risiko kebakaran atau kerusakan terhadap kabel, serta memenuhi persyaratan lingkungan yang spesifik.

 

Jadi, standar NEMA VE dapat dikatakan sebagai acuan penting dalam pemilihan dan penggunaan kabel tray yang tepat. Dengan mengikuti standar ini, kita dapat memastikan keamanan, efisiensi, dan keandalan instalasi kabel tray. Penting juga untuk bekerja dengan produsen, kontraktor, atau ahli listrik yang berpengalaman untuk memastikan pemilihan dan penggunaan kabel tray yang sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga dapat mengoptimalkan kinerja sistem kabel dan menjaga keandalan operasional. Dan konsultasikan juga dengan perusahaan penyedia kabel tray seperti PT Trayindo Teknik Mandiri.

 


Artikel Menarik Lainnya:

 

Email