NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
Perencanaan dan penanganan yang baik dalam pemasangan kabel tray.
26-Jan-16 by admin

Perencanaan Dan Cara Pemasangan Kabel Tray Yang Baik

 

Tahukah anda? Ketika memasang kabel ke dalam kabel tray, perencanaan yang baik dan perhatian khusus dalam penanganan harus dilakukan, supaya nantinya baik kabel maupun kabel tray tidak mengalami kerusakan / kehancuran. Bukan hanya mengikuti cara pemasangan kabel tray yang sesui aturan saja, tetapi perencanaan yang tepat untuk memasang kabel tray mencakup perhitungan berdasarkan pembebanan, sistem pendukung, pengisian dan jarak kabel/kawat, jenis konduktor, pengamanan kabel dan kawat, dan pentanahan dan pengikatan yang tepat merupakan aspek penting dari pemasangan kabel tray ini.

 

Salah satu faktor penting dari cara pemasangan kabel tray adalah penempatan support kabel tray dengan struktur bangunan yang di dalamnya terdapat jalur kabel tray, ketinggian kabel tray dan penempatan kabel tray di antara istalasi bangunan. Biasanya ada 3 tempat yang sering dijadikan pemasangan kabel tray yaitu pemasangan pada dinding, pemasangan pada pipa dan plafond.  Selanjutnya,  hal yang harus diperhatikan terhadap instalasinya adalah kapasitas tray versus load kabel, bukan hanya jumlah kabel yang harus diperhitungkan melainkan berat kabel menjadi prioritas untuk dipertimbangkan.

 

Dukungan untuk instalasi kabel tray harus memberikan kekuatan dan kemampuan beban kerja yang cukup untuk memenuhi kebutuhan beban sistem kabel tray. Pertimbangan harus diberikan pada beban yang terkait dengan penambahan kabel di masa mendatang atau beban tambahan lainnya yang diterapkan pada pemasangan kabel tray dan atau sistem pendukungnya. Dukungan dan perangkat keras non-logam mungkin memerlukan pertimbangan bantalan beban khusus karena komposisi material dan suhu sata pengaplikasi. Faktor eksternal lainnya yang berpengaruh pada kekuatan dan reliability kabel tray adalah, tiang penyangga, beam, pengelasan, dinding, gantungan, assesories, pekerja yang terlibat pemasangan dan lain-lain. 

 

Setelah kabel dipasang pada area instalasi yang terbuka, berhati-hatilah untuk melindungi kabel yang terbuka dari benda jatuh atau serpihan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kabel. Di area di mana pemasangan kabelt tray akan ditutup, penutup harus dipasang sesegera mungkin. Meskipun pemasangan kabel tray hampir bebas perawatan dalam kondisi normal, pemeriksaan instalasi direkomendasikan sebagai bagian dari jadwal perawatan rutin fasilitas untuk peralatan listrik. Kabel tray harus diperiksa dan diservis oleh personel yang berkualifikasi., sehingga paham betul akan cara pemasangan kabel tray yang baik dan benar.


Catatan: Anda bisa memasang label khusus untuk kabel tray


PERINGATAN! - Jangan gunakan kabel tray sebagai jalan setapak, tangga, atau penyangga orang; kabel tray adalah sistem pendukung mekanis untuk kabel dan raceway. Menggunakan kabel tray sebagai jalur pejalan kaki dapat menyebabkan cedera pribadi dan dapat merusak perangkat kabel tray dan kabel yang terpasang.

 

Selalu Berkonsultasi Untuk Cara Pemasangan Kabel Tray Yang Bencar

 

Pihak manufaktur kabel (kabel listrik, kabel data, kabel telpon) harus dikonsultasikan mengenai tegangan tarik maksimum, kecepatan tarikan maksimum atas kabel dan minimum radius tekukan dari kabel yang akan dipasang. Hal ini untuk mengurangi ataupun mencegah terjadinya kerusakan pada insulasi kabel. Perencanaan yang baik juga akan sangat mengurangi lama dari waktu pemasangan. Apabila sebuah rangkaian cable tray system sudah dihitung kebutuhan nya sampai kepada jumlah mur baut, applikator kabel tray akan bisa menyelesaikan pemasangan dalam waktu yang jauh lebih cepat dibandingkan harus melakukan modifikasi secara manual on site.

 

TRAYTEK dalam hal ini selaku manufaktur kabel tray Surabaya & Jakarta selalu siap membantu anda. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun sebagai market leader dari produk kabel tray yang selalu memberikan produk & konsultasi produk dan cara pemasangan kabel tray yang baik dan benar serta seuai standar.

 

 

Salah satu faktor penting dari cara pemasangan kabel tray adalah penempatan support kabel tray dengan struktur bangunan terhadap jalur kabel tray, ketinggian kabel tray dan penempatan kabel tray di antara istalasi bangunan. Biasanya ada 3 tempat yang sering dijadikan pemasangan kabel tray yaitu pemasangan pada dinding, pemasangan pada pipa dan plafond.  Selanjutnya,  hal yang harus diperhatikan terhadap cara pemasangan kabel tray dalah kapasitas tray versus load kabel, bukan hanya jumlah kabel yang harus diperhitungkan melainkan berat kabel menjadi prioritas untuk dipertimbangkan. Faktor eksternal lainnya yang berpengaruh pada kekuatan dan reliability kabel tray adalah, tiang penyangga, beam, pengelasan, dinding, gantungan, assesories, pekerja yang terlibat pemasangan dan lain-lain. Salah satu faktor penting dari cara pemasangan kabel tray adalah penempatan support kabel tray dengan struktur bangunan terhadap jalur kabel tray, ketinggian kabel tray dan penempatan kabel tray di antara istalasi bangunan. Biasanya ada 3 tempat yang sering dijadikan pemasangan kabel tray yaitu pemasangan pada dinding, pemasangan pada pipa dan plafond.  Selanjutnya,  hal yang harus diperhatikan terhadap cara pemasangan kabel tray dalah kapasitas tray versus load kabel, bukan hanya jumlah kabel yang harus diperhitungkan melainkan berat kabel menjadi prioritas untuk dipertimbangkan. Faktor eksternal lainnya yang berpengaruh pada kekuatan dan reliability kabel tray adalah, tiang penyangga, beam, pengelasan, dinding, gantungan, assesories, pekerja yang terlibat pemasangan dan lain-lain. 

Cara pemasangan yang baik, aman dan benar untuk sistem kabel tray dan penarikan kabel tray dalam rangkaian kabel tray dapat dilihat pada NEMA Standard Publication VE 2-2006 Cable Tray Installation Guidelines.

Email