NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
5 Tips Mengamankan Kabel Listrik Agar Tidak Basah Saat Musim Hujan
31-Oct-22 by admin

Tips Mengamankan Kabel Listrik Saat Musim Hujan

 

Saat musim penghujan tiba, Anda mungkin menjadi lebih khawatir pada kabel listrik di rumah, terutama yang dipasang di luar ruangan, karena lebih rentan untuk mengalami kerusakan. Terlebih lagi air hujan yang membasahi kabel dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti sengatan listrik dan kerusakan pada perangkat yang terhubung dengan kabel tersebut. Karena itulah, langkah-langkah pengamanan diperlukan untuk melindungi kabel Anda agar tetap aman saat musim hujan tiba.

 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memastikan kabel tidak basah dan terbebas dari kerusakan ketika musim penghujan.

 

1. Gunakan kabel khusus outdoor.


Kabel outdoor dan kabel indoor memiliki spesifikasi yang berbeda, karena keduanya pun digunakan untuk tujuan yang berbeda. Kabel outdoor dirancang dengan kualitas yang lebih baik dalam menahan berbagai elemen luar, termasuk air hujan, sehingga tidak mudah rusak. Tentu harga kabel jenis ini memang lebih mahal, tetapi merupakan investasi yang sangat layak dan direkomendasikan demi menjaga keamanan Anda dan keluarga di rumah dari berbagai resiko yang ditimbulkan akibat kerusakan kabel.

 

2. Pasang pelindung kabel


Selain menggunakan kabel khusus outodoor, langkah pengamanan lain yang bisa Anda lakukan saat musim penghujan adalah memasang pelindung kabel. Ada berbagai jenis pelindung kabel yang tersedia, di antaranya yaitu cabel duct, raceway, cable tray, dan cable ladder. Pelindung kabel ini merupakan bagian dari sistem manajemen kabel yang tidak hanya berfungsi untuk mengorganisir kabel saja, tetapi juga melindungi kabel Anda dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti air hujan, cuaca ekstrim, penumpukan panas, kabel kusut, dan banyak lagi. Jika anda tertarik dan ingin menggunakan pelindung kabel ini, anda bisa mengcek harga kabel tray terbaru terlebih dahulu sebelum membelinya.

 

3. Tempatkan kabel di area kering


Kabel listrik merupakan perangkat yang sensitif terhadap air, karenanya saat musim penghujan tiba mereka lebih rentan terhadap kerusakan. Oleh sebab itu, pastikan kabel Anda terhindar dari cipratan air hujan di luar rumah dengan menempatkannya di area yang kering. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menutup area tersebut dengan memasang kanopi atau jaring anti air yang dapat menahan tetasan air hujan.

 

4. Ganti kabel yang rusak


Jika Anda menemukan kabel yang rusak, ganti kabel tersebut sesegera mungkin demi mencegah terjadinya masalah yang lebih besar. Kabel yang sudah rusak atau aus dapat mengekspos bagian dalamnya, sehingga ini bisa sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Namun perlu diingat, untuk menghindari cedera akibat sengatan listrik, pastikan Anda melakukan proses perbaikan pada saat sedang tidak hujan dan aliran listrik di rumah sudah dalam keadaan mati.

 

5. Hindari genangan air


Beberapa daerah menjadi lebih rawan terhadap banjir ketika musim penghujan tiba. Jika rumah Anda berada di lokasi yang sering banjir, Anda perlu memberikan perhatian ekstra pada kabel listrik di rumah Anda. Apabila Anda menemukan ada kabel yang terendam genangan air hujan, langsung putuskan aliran listrik dan pindahkan kabel tersebut ke tempat yang aman. Untuk berjaga-jaga, jangan gunakan kabel sampai genangan air kembali saat dan kabel sudah benar-benar kering.

 

Itulah dia beberapa tips mengamankan kabel listrik agar tidak basah saat musim hujan tiba. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, ini membantu melindungi seluruh penghuni rumah dari bahaya sengatan listrik serta menjaga perangkat elektronik yang Anda miliki agar terbebas dari kerusakan.

Email