NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
Penting! 10 Cara Menghindari Sengatan Listrik
30-Oct-23 by admin

Cara Menghindari Sengatan Listrik

 

Sengatan listrik merupakan bahaya serius yang dapat terjadi jika kita tidak berhati-hati ketika berurusan dengan perangkat listrik. Namun, dengan pengetahuan yang benar dan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat menghindari sengatan listrik dan menjaga diri kita sendiri serta orang-orang di sekitar kita tetap aman.

 

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menghindari sengatan listrik. Yuk, dicek!

 

1. Periksa Kabel dan Stop Kontak

 

Pastikan kabel dan stop kontak dalam kondisi baik. Hindari menggunakan kabel yang rusak atau stop kontak yang longgar, karena ini dapat menyebabkan sengatan listrik.

 

2. Matikan Aliran Listrik

 

Sebelum melakukan perbaikan atau pemeliharaan pada perangkat listrik, pastikan untuk mematikan aliran listrik dari sumbernya. Ini adalah langkah penting untuk mencegah sengatan listrik yang tidak terduga.

 

3. Gunakan Alat Pelindung

 

Saat bekerja dengan perangkat listrik, seperti bor atau mesin lainnya, selalu gunakan alat pelindung yang sesuai, seperti sarung tangan listrik dan kacamata pelindung.

 

4. Jangan Sentuh Perangkat Basah

 

Hindari menyentuh perangkat listrik dengan tangan basah. IHal ini bisa meningkatkan risiko sengatan listrik. Pastikan tangan Anda kering sebelum menyentuh perangkat tersebut.

 

5. Hindari Overloading

 

Jangan memasang terlalu banyak perangkat pada satu stop kontak atau sirkuit. Hal ini dapat menyebabkan overloading dan meningkatkan risiko kebakaran atau sengatan listrik.

 

6. Gunakan Alat Ber-grounding

 

Selalu gunakan perangkat dengan grounding yang benar. Ini adalah penghubung yang mengalirkan arus listrik berlebih ke tanah daripada melalui tubuh manusia jika ada masalah pada perangkat.

 

7. Waspadai Perangkat Portabel

 

Saat menggunakan perangkat listrik portabel, seperti setrika atau pengering rambut, pastikan kabelnya tidak terjepit atau terlilit, karena hal ini dapat merusak isolasi kabel dan meningkatkan risiko sengatan listrik.

 

8. Pelatihan dan Pemahaman

 

Pastikan Anda dan anggota keluarga memahami bahaya sengatan listrik dan tahu cara mengatasi situasi darurat bila sengatan terjadi. Pemahaman ini dapat menyelamatkan nyawa Anda berserta keluarga.

 

9. Panggil Ahli Listrik Bila Terjadi Masalah

 

Jika Anda memiliki masalah listrik di rumah atau terdapat perangkat yang rusak, sebaiknya panggil seorang ahli listrik terpercaya untuk melakukan perbaikan. Hindari mencoba memperbaiki sendiri bila Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup.

 

10. Lindungi Anak-Anak Anda

 

Pastikan perangkat yang berbahaya atau stop kontak yang tidak digunakan dilindungi agar anak-anak tidak bisa mengaksesnya. Penggunaan pelindung stop kontak khusus anak-anak sangat dianjurkan. Anda juga bisa menggunakan alat pelindung kabel seperti kabel tray atau kabel duct. Karena sekarang ini harga kabel duct dan harga kabel tray terbaru sudah cukup terjangkau.

 

Itu dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna menghindari sengatan listrik. Dengan mematuhi langkah-langkah pencegahan di atas, Anda dapat mengurangi risiko sengatan listrik dan menjaga keamanan diri sendiri serta orang-orang di sekitar Anda. Keselamatan dalam penggunaan listrik adalah tanggung jawab bersama dan pengetahuan tentang cara menghindari sengatan listrik adalah langkah pertama yang sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Email