NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
5 Tips Mengelola Instalasi Kabel Listrik yang Aman Untuk Bangunan
11-Jul-22 by admin

Selain menjaga agar tetap rapi dan teratur, mengelola kabel listrik dengan benar juga bertujuan untuk menghasilkan lingkungan kerja dan tempat tinggal yang lebih nyaman. Kabel listrik yang tidak terorganisir dan dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan bahaya, oleh karenanya penting bagi Anda untuk selalu mengatur dan memposisikan kabel dengan tepat guna memastikan keamanan diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

 

Berikut ini adalah beberapa tips dasar manajemen kabel listrik untuk bangunan yang perlu Anda ketahui demi memungkinkan tempat kerja dan hunian yang aman, rapi, serta bebas kabel semrawut.

 

1. Gunakan perangkat pelindung kabel.


Salah satu tips manajemen kabel yang paling penting adalah menggunakan perangkat pelindung yang memungkinkan kabel listrik dapat bertransmisi dengan baik dan terlindungi dari berbagai elemen luar yang berbahaya. Berikut ini merupakan beberapa perangkat pelindung kabel yang umum digunakan.

 

  • Cable ladder: Karena fiturnya yang nyaman dan serbaguna, cable ladder banyak digunakan pada hampir sebagian besar sistem instalasi kabel listrik. Bentuknya yang terbuka membuat sirkulasi udara dapat bergerak secara bebas, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penumpukan panas dan mencegah kabel menua sebelum waktunya akibat pengoperasian yang berlebihan.
  • Cable duct: Cable duct adalah perangkat pelindung kabel yang dirancang secara khusus untuk instalasi kabel listrik yang dipasang di jalur tersembunyi, misalnya seperti di bawah tanah, di dalam dinding, atau di atap bangunan. Pelindung kabel jenis ini berfungsi untuk memberikan jalur yang aman dan terlindungi agar kabel listrik dapat beroperasi dengan baik, bahkan di tempat yang memiliki lalu lintas padat sekalipun.
  • Raceway: Jika cable duct dipasang dengan cara ditanam, raceway merupakan perangkat pelindung kabel yang dipasang di atas permukaan. Jalur kabel ini berfungsi untuk menyembunyikan kabel di berbagai lokasi terbuka agar tampak rapi dan enak dipandang. Selain itu, karena bentuknya yang tertutup, raceway juga memungkinkan kabel listrik terlindungi dari panas, debu, cahaya, bahkan hingga udara yang lembab.

 

2. Hindari menempatkan terlalu banyak kabel.


Terlepas dari jenis pelindung kabel apa pun yang Anda gunakan, jangan pernah menempatkan kabel hingga melebihi kapasitasnya. Selain dapat menyebabkan resiko kabel putus, isolasi rusak, dan kebocoran sinyal, kabel listrik yang terlalu padat dikhawatirkan dapat menimbulkan panas berlebih dan bahaya kebakaran. Baik itu cable ladder, cable duct, ataupun raceway, selalu perhatikan pedoman produsen mengenai kapasitas penggunan perangkat pelindung kabel dan pastikan Anda menyisakan ruang yang cukup bagi udara untuk bersirkulasi dengan baik.


3. Pasang kabel dengan rapi.


Pemasangan kabel yang tidak tepat dapat menimbulkan bahaya, terutama bagi anak kecil dan hewan peliharaan di sekitar Anda. Sementara itu, kabel yang dipasang dengan teratur dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mencegah potensi berbagai insiden berbahaya, seperti tersandung, tercekik, atau tersengat listrik. Menggunakan perangkat pelindung kabel dan aksesori kabel seperti cable clip atau cable tie merupakan cara yang efektif dan efisien untuk memasang kabel dengan rapi dan terorganisir.

 

4. Sematkan label pada masing-masing kabel.


Tampaknya ini merupakan tips sepele yang sering diabaikan, namun menyematkan label pada masing-masing kabel memungkinkan Anda untuk mempermudah proses identifikasi dan perbaikan ketika terjadi masalah pada perangkat elektronik atau jaringan transmisi kabel. Terlebih lagi di area yang terdapat banyak kabel sekaligus, melakukan hal ini berguna untuk membantu Anda menemukan kabel yang Anda cari dengan lebih cepat sehingga Anda tidak perlu menunda pekerjaan atau kegiatan Anda terlalu lama.

 

5. Jangan menekuk kabel secara berlebihan.


Kabel memang memiliki sejumlah fleksibilitas yang memungkinkan Anda untuk memanuvernya di berbagai sudut atau belokan dinding. Namun ketika melakukan hal tersebut, pastikan Anda tidak menekuk kabel secara berlebihan karena hal ini dikhawatirkan dapat merusak serat atau jaringan kabel, ​yang pada akhirnya akan menghambat fungsi dan kinerjanya.

 

Itu dia beberapa tips manajemen kabel listrik bangunan yang dapat membantu Anda menjaga tempat k​​erja dan rumah yang rapi, sekaligus melindungi kabel Anda dari keausan. Namun yang lebih penting lagi, tips tersebut juga membantu Anda untuk mengurangi atau mencegah potensi bahaya kelistrikan, demi tercapainya lingkungan yang aman dan nyaman.

Email