NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
10 Tip agar Tidak Tersengat Listrik Saat Perbaikan Instalasi Kabel
28-Jun-24 by admin

Agar Tidak Tersengat Listrik Saat Perbaikan Instalasi Kabel

 

Perbaikan instalasi kabel listrik merupakan tugas yang sering kali harus dilakukan, baik di rumah maupun di tempat kerja. Meskipun tampak sederhana, pekerjaan ini bisa sangat berbahaya bila tidak dilakukan dengan benar. Sengatan listrik tidak hanya menyebabkan cedera serius, tetapi juga bisa berakibat fatal.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui dan menerapkan tip keselamatan agar terhindar dari sengatan listrik saat melakukan perbaikan instalasi kabel. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

 

1. Matikan Aliran Listrik

 

Langkah pertama dan yang paling penting adalah memastikan aliran listrik dimatikan sebelum melakukan perbaikan. Carilah panel listrik utama di rumah atau gedung, kemudian matikan sakelar yang menghubungkan area di mana perbaikan akan dilakukan.

 

Jangan lupa untuk memberi tanda peringatan agar orang lain tidak menghidupkan listrik kembali saat Anda sedang bekerja.

 

2. Gunakan Alat Pengaman yang Tepat

 

Perlengkapan keselamatan sangat penting untuk melindungi diri dari sengatan listrik. Beberapa alat yang perlu digunakan antara lain:

 

  • Sarung tangan isolasi listrik: Sarung tangan ini dirancang khusus untuk melindungi tangan dari aliran listrik.
  • Sepatu isolasi listrik: Sepatu ini memiliki sol yang tahan sehingga mengurangi risiko aliran listrik melalui tubuh.
  • Kacamata pengaman: Kacamata ini melindungi mata dari percikan api atau partikel kecil yang mungkin terbang saat perbaikan.
  • Alat uji listrik: Gunakan alat ini untuk memastikan tidak ada aliran listrik sebelum mulai bekerja.

 

3. Pahami Skema Instalasi Listrik

 

Sebelum memulai perbaikan, pastikan Anda memahami skema instalasi listrik yang akan diperbaiki. Mengetahui letak kabel dan komponen listrik lainnya sangat penting untuk menghindari kesalahan yang bisa menyebabkan sengatan listrik. Jika Anda merasa kurang yakin, maka jangan ragu untuk meminta bantuan dari tenaga ahli.

 

4. Hindari Area Basah

 

Air adalah konduktor listrik yang sangat baik. Oleh sebab itu, pastikan area kerja Anda kering dan bebas dari cairan. Jika perbaikan harus dilakukan di dekat sumber air atau dalam kondisi basah, maka pastikan untuk menggunakan peralatan yang aman dan sesuai standar keselamatan listrik.

 

5. Gunakan Alat dengan Pegangan Berbahan Isolator

 

Pastikan semua alat yang digunakan memiliki pegangan yang terbuat dari bahan isolator. Alat seperti tang, obeng, dan lainnya sebaiknya memiliki pegangan karet atau plastik yang dapat mencegah aliran listrik ke tubuh Anda.

 

6. Periksa Kondisi Kabel dan Alat

 

Sebelum memulai perbaikan, periksa kondisi kabel dan alat yang akan digunakan. Kabel yang rusak atau alat yang sudah aus dapat meningkatkan risiko sengatan listrik. Gunakan hanya kabel dan alat yang masih dalam kondisi baik dan sesuai standar keselamatan.

 

7. Jangan Bekerja Sendirian

 

Sebaiknya tidak melakukan perbaikan instalasi listrik sendirian. Ajaklah seseorang untuk mendampingi Anda sebagai langkah antisipasi bila terjadi kecelakaan. Pendamping dapat segera memberikan pertolongan pertama atau memanggil bantuan medis bila diperlukan.

 

8. Jaga Konsentrasi dan Fokus

 

Saat bekerja dengan listrik, sangat penting untuk tetap fokus dan berkonsentrasi penuh. Hindari gangguan yang dapat mengalihkan perhatian Anda, seperti menggunakan ponsel atau berbicara dengan orang lain. Kesalahan kecil akibat kurangnya konsentrasi dapat berakibat fatal.

 

9. Ikuti Pelatihan Keselamatan Listrik

 

Mengikuti pelatihan keselamatan listrik merupakan hal penting bagi siapa saja yang sering bekerja dengan instalasi listrik. Pelatihan ini biasanya mencakup pengetahuan tentang bagaimana menangani peralatan listrik dengan aman, mengenali potensi bahaya, dan memberikan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan.

 

10. Ketahui Prosedur Pertolongan Pertama

 

Meskipun semua langkah pencegahan sudah diambil, kecelakaan tetap bisa terjadi. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui prosedur pertolongan pertama bila terjadi sengatan listrik. Hal ini meliputi bagaimana mematikan sumber listrik dengan aman, memberikan bantuan pernapasan, dan memanggil bantuan medis.


Dengan mengikuti beberapa tip di atas, Anda dapat mengurangi risiko tersengat listrik saat melakukan perbaikan instalasi kabel. Keselamatan adalah prioritas utama, jadi selalu berhati-hati dan pastikan untuk menggunakan peralatan dan prosedur yang tepat. Jika merasa tidak yakin atau kurang pengalaman, sebaiknya meminta bantuan dari profesional yang lebih ahli.

 

 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Email