NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
Pentingnya Sistem Manajemen Kabel Pada Bangunan
20-Apr-22 by admin

Pentingnya Sistem Manajemen Kabel

 

Kabel yang dibiarkan tergeletak di atas lantai atau di tempat banyak orang berlalu-lalang lebih beresiko untuk terjepit, terinjak, tersandung, dan tersangkut dengan kabel lainnya. Tentunya masalah ini dapat menyebabkan cedera yang diakibatkan oleh sengatan listrik, kebakaran, bahkan hingga kerusakan pada sistem. Selain memiliki potensi bahaya yang dapat mengancam keselamatan jiwa, kabel listrik yang ditaruh begitu saja tanpa manajemen yang baik juga dianggap sebagai bentuk dari pelanggaran kode bangunan.

 

Berikut ini merupakan beberapa alasan pentingnya menggunakan sistem manajemen kabel (cable support system) yang perlu Anda tahu.

 

1. Meningkatkan Keamanan


Sistem manajamen kabel adalah kunci untuk menciptakan infrastruktur yang teratur dan fungsional. Tanpanya, kabel yang tergeletak dapat menimbulkan bahaya tersandung atau cedera lainnya yang mungkin terjadi tanpa disengaja. Selain itu, kabel yang kusut juga lebih rentan untuk menghasilkan panas berlebih serta percikan api yang dapat memicu bahaya serius seperti kebakaran.

 

2. Memperpanjang Masa Pakai


Sistem manajamen kabel dapat memperpanjang usia dan memaksimalkan kinerja kabel. Jika dibiarkan menumpuk di lantai atau menggantung di sembarang tempat, kemungkinan besar kabel akan lebih mudah mengalami kerusakan karena tidak adanya pelindung. Namun dengan menggunakan pengelola kabel, ini memastikan Anda untuk lebih berhemat karena tidak perlu mengeluarkan uang berulang kali untuk mengganti kabel yang rusak.

 

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan


Pada dasarnya, hampir setiap sudut bangunan akan dipenuhi oleh debu jika tidak dibersihkan secara berkala. Nah, kabel kusut yang dibiarkan menumpuk di lantai akan mempersulit petugas kebersihan untuk melakukan tugasnya. Selain hal ini dapat membuatnya lebih rentan rusak, tumpukan kabel yang dibiarkan berantakan dan berdebu juga sangat berpotensi untuk mengganggu kenyamanan penghuni bangunan.

 

4. Meningkatkan Tampilan Profesional


Saat bangunan digunakan untuk menjalankan bisnis, tentu hal pertama yang harus Anda pastikan adalah tempat operasi bisnis Anda meninggalkan kesan yang baik di mata para pelanggan, klien, dan karyawan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengelola tumpukan kabel menggunakan sistem manajemen kabel yang rapi dan tertata, guna menghadirkan tampilan ruangan yang lebih estetik dan profesional.

 

5. Menghemat Waktu dan Tenaga


Kabel yang tersortir dengan baik menggunakan sistem pengelola kabel dapat meningkatkan efisiensi selama pemecahan masalah. Ketika terjadinya kerusakan, ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi dan menemukan bagian yang perlu diganti atau diperbaiki tanpa harus membuang-buang banyak waktu dan tenaga. Selain itu, kabel yang terorganisir dengan baik juga memungkinkan Anda untuk melakukan perubahan atau modifikasi yang mungkin diperlukan di masa mendatang dengan lebih cepat.

 

Ada berbagai macam solusi sistem manajemen kabel yang tersedia di pasaran, di antaranya adalah raceway, kabel tray, kabel ladder, dan kabel duct. Semuanya memberikan banyak keuntungan, termasuk menyediakan kapasitas untuk menopang hingga puluhan kabel sekaligus, menyediakan ruang yang aman bagi kabel untuk melintasi jarak bangunan yang luas, serta memberikan fleksibilitas yang tinggi agar kabel mudah disesuaikan, baik itu pada bidang vertikal maupun horizontal. Dan untuk harganya sendiri bisa dibilang sangat terjangkau jika dibandingan dengan fungsi dan kegunaanya. Karena untuk harga kabel duct, kabel ladder, ataupun harga kabel tray terbaru ini sudah murah dan banyak tersedia toko kabel tray dimana-mana.

 

 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Email