NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
Update terkait situasi pandemi covid-19
26-Jun-20 by admin

Situasi pandemi corona virus disease tahun 2019 atau seringkali kita dengar disingkat covid-19, memberikan dampak kepada semua lini ekonomi.

 

Berikut petikan wawancara admin dengan manajemen traytek.

 

 

Bagaimana situasi pandemi covid-19 ini berdampak kepada traytek?


"Situasi pandemi covid-19 ini adalah hal yang luar biasa, diluar prediksi pihak mana pun. Dampak yang terjadi kepada perusahaan kami, terutama adalah dari segi operasional, di masa PSBB yang terjadi selama beberapa kali periode di DKI Jakarta misalnya, di satu sisi kami mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja setiap karyawan, dan pada sisi yang lain nya ada komitmen-komitmen yang sudah terlanjur customer kami berikan kepada project yang mereka tangani.

Komitmen kami kepada customer tetap kami perhatikan, dengan tentunya mengikuti protokol kesehatan yang diharuskan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Tetapi situasi pandemi covid-19 ini berdampak besar kepada operasional perusahaan.

Sejak pertengahan bulan Juni lalu, pemerintah mengambil kebijakan untuk melonggarkan PSBB, hal ini banyak menolong operasional kami menjadi relatif lebih lancar dibandingkan pada masa PSBB.

Tata cara berinteraksi pasca pelonggaran PSBB, tentunya banyak berubah, karena ada protokol kesehatan yang tetap perlu diperhatikan betul."

 


Baik, kalau dari segi operasional ada perbedaan, bagaimana kondisi perusahaan sekarang ini?


"Situasi pandemi covid-19 ini menyerang 2 aspek penting dalam kehidupan kita semua secara bersamaan, yaitu: aspek kesehatan fisik dan aspek kesehatan keuangan.

Berkat kedisiplinan setiap karyawan, kami mengucap syukur bahwa sejauh ini belum ada karyawan kami yang terpapar virus covid-19. Tentunya hal ini belum merupakan akhir dari perjuangan, tetapi merupakan pengingat untuk terus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Kondisi kesehatan keuangan perusahaan relatif baik, dalam arti setiap komitmen perusahaan kepada customer, shareholder, supplier, karyawan, pemerintah, dan segenap stakeholder perusahaan lainnya masih terpenuhi dengan baik.

Tetapi mengingat adanya dampak operasional, manajemen mengambil kebijakan untuk menahan planning-planning yang berkaitan dengan ekspansi usaha, sambil menunggu perkembangan keadaan berikutnya. "

 


Bagaimana traytek memposisikan perusahaan, di tengah pandemi covid-19 ini?


"Tidak ada satu pihak manapun yang menghendaki situasi pandemi covid-19 ini terjadi. 

Tetapi, sementara kita terpaksa dan dipaksa untuk berada di dalam situasi pandemi covid-19 ini, adalah hal yang bijaksana untuk kita semua me-review kembali segala aktifitas yang kita lakukan sebelum pandemi ini muncul.

Kalau ada satu bagian kecil yg macet, artinya masalah tersebut sudah ada dari jaman sebelum pandemi covid-19 ini, situasi ini hanya memperjelas dan memperbesar dampak dari bagian kecil tersebut sampai terasa betul konsekuensi nya. Adalah merupakan langkah yang bijak apabila kita semua menyikapi masalah ini dengan memberikan solusi-solusi yang diperlukan untuk mengatasi masalah pada bagian kecil tersebut.

Kita bisa panik menghadapi situasi ini, tetapi kita juga bisa memilih untuk berbenah diri. Hadapi masalah yang ada, buat solusi-solusi yang relevan, dan menjadi lebih baik lagi ke depan. Apa yang kita lakukan di masa sekarang ini, menentukan dimana kita beroperasi setelah pandemi ini selesai. Jangan sampai kita memasuki krisis kedua setelah pandemi ini selesai, karena kita tidak sibuk mempersiapkan diri sekarang.

Selain daripada hal tersebut, setiap krisis menyediakan peluang-peluang baru, yang belum ada sebelumnya. Pasti lebih mudah untuk menemukan masalah di dalam situasi krisis, tetapi kalau kita benar-benar mencari dengan baik, kita pasti akan mampu menemukan peluang-peluang baru.

Seperti itulah kira-kira perusahaan kami memposisikan diri, di tengah pandemi covid-19 ini."

 


Terakhir sebagai penutup, apa harapan dan target selanjutnya dari traytek?


"Harapan kita semua, bukan hanya kami sebagai perusahaan, tentunya pasti untuk supaya krisis yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 ini bisa cepat selesai, vaksin bisa ditemukan, dan penularan bisa dikendalikan secara signifikan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. keselamatan dan kesehatan kerja adalah merupakan hal yang utama, dan pandemi covid-19 ini memberikan ancaman serius kepada kesehatan setiap karyawan kami.

Target selanjutnya adalah melanjutkan kembali project-project besar yang tertunda akibat situasi pandemi covid-19 ini. Seperti yang kita semua ketahui, dana dan anggaran pemerintah dipusatkan untuk menanggulangi dampak-dampak pandemi covid-19 ini. Dan pemerintah Indonesia masih merupakan salah satu motor penggerak utama di dalam perekonomian negara kita. Tapi sesuai dengan yang kita semua harapkan bersama, situasi ini pasti akan berakhir, dan kami menetapkan target untuk bisa berpartisipasi secara lebih signifikan lagi di dalam project-project tersebut.

Terima kasih."

 

 

 

 

Gambar diambil dari situs:
https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-25-juni-2020/#.XvWHXUUzbIU

Gambar covid-19 diatas hanya merupakan ilustrasi dan diambil dari sumber situs:
https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-25-juni-2020/#.XvWHXUUzbIU

Email