NEWS
PRODUCT
ABOUT US
CONTACT
FAQ
BACK
News & Updates
Kelas beban kabel tray.
06-Mar-17 by admin

Sebuah system kabel tray di klasifikasikan berdasarkan kemampuan kabel tray tersebut menanggung beban (load class / kelas beban).

Meskipun ketebalan material dasar plat (besi / aluminium / stainless steel) berbanding lurus dengan kemampuan kabel tray logam menanggung beban, klasifikasi kabel tray berdasarkan ketebalan material dasar tidak secara akurat menggambarkan kemampuan kabel tray tersebut menanggung beban.

 

Disinilah biasanya kita salah dalam menentukan kelas dari sebuah kabel tray. Patokan umum yang biasanya kita pergunakan adalah ketebalan material dasar dan bukan kelas beban.

 

Faktor lain selain dari ketebalan material dasar, jenis material dasar juga berpengaruh kepada kemampuan kabel tray menanggung beban.

Dengan ketebalan material dasar yang sama, stainless steel plate misalnya akan menghasilkan kelas beban kabel tray yang berbeda dari aluminium plate ataupun steel plate.

Hal ini berkaitan dengan perbedaan nilai yield strength masing-masing material.

 

Kelas beban sebuah kabel tray merupakan patokan yang diberikan sebuah manufaktur kabel tray terkait dengan beban aman yang dapat ditanggung oleh sebuah kabel tray.

 

Standar Nasional Indonesia / SNI belum mengklasifikasikan ketentuan kelas beban kabel tray ini.

Maka, mayoritas manufaktur kabel tray di Indonesia, termasuk trayTEK mengacu kepada standar NEMA / National Electrical Manufacturers Association, sebuah asosiasi manufaktur elektrikal nasional di Amerika Serikat.

Lebih spesifik, standar NEMA yang dipergunakan sebagai acuan adalah NEMA VE 1-2009 mengenai “Metal cable tray systems” atau system kabel tray metal / logam.

 

Pernahkah anda mendengar istilah-istilah seperti cable tray NEMA 20C atau kabel tray NEMA 10C atau kabel tray NEMA 8C?

Apakah yang dimaksud dengan istilah-istilah tersebut, apakah angka 8, 10, 20 dan huruf A,B,C memiliki arti-arti tertentu?

Artikel ini akan membahas lebih dalam kelas beban kabel tray yang mengacu kepada standar NEMA VE 1-2009.

 

NEMA VE 1-2009 mengatur tata cara pengetesan beban untuk menentukan kelas beban kabel tray, yang meliputi: tipe barang kabel tray, panjang kabel tray, orientasi pemasangan kabel tray, support yang dipergunakan, material beban yang dipergunakan, cara loading material beban, yaitu jarak peletakkan antar material beban, jarak kepada dinding samping kabel tray, dan seterusnya.

Tujuan dari diaturnya tata cara pengetesan beban ini adalah untuk menyamakan metode pengetesan yang diharapkan dapat menyeragamkan persepsi konsumen terhadap kelas beban sebuah kabel tray.

Dengan penggunaan metode pengetesan yang sama, 2 buah kabel tray yang dihasilkan oleh 2 manufaktur kabel tray yang berbeda dengan kelas beban yang sama, memiliki kemampuan menanggung beban yang sama.

 

Artikel ini tidak membahas lebih detail mengenai teknis metode pengetesan dan penghitungan kelas beban kabel tray dari beban aman yang didapat melalui pengetesan.

 

NEMA VE 1-2009 mengenal 5 jenis span / yang kita lebih familiar sebagai panjang kabel tray, yaitu 5 feet (1,5 meter), 8 feet (2,4 meter), 10 feet (3 meter), 12 feet (3,7 meter) dan 20 feet (6 meter).

Dari sinilah kita dapatkan arti dari angka pertama dari kelas beban kabel tray.

 

NEMA VE 1-2009 mengenal 4 jenis kelas beban, yaitu AA (25 lb/ft atau 37 Kg/m), A (50 lb/ft atau 74 Kg/m), B (75 lb/ft atau 112 Kg/m), C (100 lb/ft atau 149 Kg/m).

Dari sinilah kita dapatkan arti dari huruf kedua dari kelas beban kabel tray.

 

Sebagai contoh:

Kelas beban NEMA 10A, artinya adalah kabel tray dengan panjang / span 3 meter mampu menanggung beban sebesar 74 Kg/m atau 74 Kg/m dikalikan 3 meter per batang = 222 Kg per batang 3 meter.

Artinya beban aman dari kabel yang diletakkan pada kabel tray dengan kelas beban NEMA 10A adalah 222 kilogram per batang kabel tray sepanjang 3 meter.

 

Kelas beban NEMA 20C, artinya adalah kabel tray dengan panjang / span 6 meter mampu menanggung beban sebesar 149 Kg/m atau 149 Kg/m dikalikan 6 meter per batang = 894 Kg per batang 6 meter.

Artinya beban aman dari kabel yang diletakkan pada kabel tray dengan kelas beban NEMA 20C adalah 894 kilogram per batang kabel tray sepanjang 6 meter.

 

 

Kelas beban kabel tray berdasarkan NEMA VE 1-2009 dapat disimpulkan dari table berikut ini:

 

                                         Span / panjang kabel tray (m)

Beban (Kg/m)

1,5 meter

2,4 meter

3 meter

3,7 meter

6 meter

37 Kg/m

5AA

8AA

10AA

12AA

20AA

74 Kg/m

5A

8A

10A

12A

20A

112 Kg/m

-

8B

-

12B

20B

149 Kg/m

-

8C

-

12C

20C

 

 

Metode pengetesan dan penghitungan beban aman NEMA VE 1-2009 mengisyaratkan penggunaan support pada bagian ujung-ujung dari specimen kabel tray yang di test.

Pada pengetesan kabel tray dengan kelas beban NEMA 10A misalnya, support hanya boleh diletakkan pada posisi ujung kabel tray yang satu dengan yang lainnya (pada jarak 3 meter antar support).

 

Pertanyaan yang mungkin akan muncul adalah: bagaimana kalau pada kenyataan pemasangan kabel tray tersebut pihak applicator mempergunakan support pada ujung – ujung kabel tray (sesuai dengan metode pengetesan NEMA VE 1-2009) ditambah dengan support pada bagian tengah - tengah kabel tray dengan kelas beban NEMA 10A?

Secara logika, kemampuan kabel tray tersebut menanggung beban bertambah bukan?

 

Apakah ini berarti kabel tray dengan kelas beban NEMA 10A tersebut berubah menjadi kabel tray dengan kelas beban NEMA 10B misalnya (apabila hasil test menunjukkan 112Kg/m , tergantung hasil test beban dengan support span jarak 1,5 meter)?

 

Tentu tidak.

Karena posisi support adalah pada posisi 1,5 meter (tengah – tengah antara kabel tray dengan panjang / span 3 meter), kelas beban kabel tray ini mengacu kepada span 1,5 meter (Bukan berubah menjadi NEMA 10B tetapi menjadi NEMA 5B).

Karena (misalnya) kemampuan kabel tray tersebut menanggung beban naik dari 74 Kg/m menjadi 112 Kg/m, dapat dicapai dengan penggunaan jarak support 1,5 meter dan bukan 3 meter.

Dan kabel tray dengan kelas beban NEMA 5B mewajibkan penggunaan support pada jarak setiap 1,5 meter (meskipun specimen yang dipasang adalah kabel tray dengan panjang 3 meter).

 

NEMA VE 1-2009 bukanlah satu-satu nya standar yang mengatur klasifikasi kelas beban, ada pula BS EN 61537:2007 mengenai “Cable management. Cable tray systems and cable ladder systems” atau manajemen kabel, sistem kabel tray dan system kabel ladder yang dikeluarkan oleh British Standard, dan CSA C22.2 No.126.1-09 mengenai “Metal cable tray systems” atau system kabel tray metal / logam yang dikeluarkan oleh Canadian Standards, dll.

 

 

Sumber:

NEMA VE 1-2009 Metal Cable Tray System, National Electrical Manufacturers Association Standards Publication.

 

BS EN 61537:2007 Cable Management. Cable tray systems and cable ladder systems, British Standards.

 

CSA C22.2 No.126.1-09 Metal Cable Tray System, Canadian Standards Association.

Email